SEO bukan hal yang sulit tapi harus dilakukan secara benar dalam urutan yang benar juga. Salah satunya tidak benar maka upaya SEO akan sia-sia.
1. Keywords
Keywords atau kata kunci yang anda pilih adalah fondasi aktivitas SEO anda selanjutnya dan sangat mempengaruhi kesuksesan proyek SEO anda. Menyasar kata kunci yang salah, maka semua upaya anda akan percuma.
Pilih keyword secara bijak. Tidaklah tepat mengoptimalkan halaman-halaman web anda untuk kata kunci yang terdiri dari satu kata saja. Optimalkan halaman-halaman situs untuk kata-kata kunci yang sangat terarah dan menarik pengunjung yang tepat. Anda menginginkan pembeli, bukan cuma pengunjung situs. Semakin terarah kata kunci yang dipilih semakin baik.
Keywords atau kata kunci yang anda pilih adalah fondasi aktivitas SEO anda selanjutnya dan sangat mempengaruhi kesuksesan proyek SEO anda. Menyasar kata kunci yang salah, maka semua upaya anda akan percuma.
Pilih keyword secara bijak. Tidaklah tepat mengoptimalkan halaman-halaman web anda untuk kata kunci yang terdiri dari satu kata saja. Optimalkan halaman-halaman situs untuk kata-kata kunci yang sangat terarah dan menarik pengunjung yang tepat. Anda menginginkan pembeli, bukan cuma pengunjung situs. Semakin terarah kata kunci yang dipilih semakin baik.
2. On-page optimization
Setelah anda tahu kata kunci yang hendak digarap, anda harus mengoptimasi halaman-halaman situs untuk kata-kata kunci ini. Optimalkan sebanyak mungkin halaman yang berbeda untuk keyword yang berbeda. Sebaiknya satu halaman optimal untuk satu kata kunci.
Munculkan kata kunci pada elemen halaman yang tepat dan dapat dikunjungi oleh mesin pencari.
Arsitektur website adalah bagian dari on-page optimization. Navigasi situs web anda sebaiknya mengandung kata kunci kemudian halaman-halaman situs saling terkait topiknya agar mesin pencari dapat mengkategorisasi halaman-halaman tersebut secara tepat.
3. Usability and conversion optimization
Atau diterjemahkan menjadi optimalisasi konversi dan usabilitas (kegunaan). Maksudnya bahwa kalaupun situs anda mendapat ratusan pengunjung setiap hari, belum tentu menghasilkan penjualan satu pun karena halaman-halamannya tidak user friendly.
Halaman web anda harus mempunyai penampilan menarik, harus mudah digunakan, harus membangkitkan kepercayaan pengunjung, dan harus membuat orang tertarik untuk membeli apa yang ditawarkan secara mudah.
4. Link building
Setelah semua elemen berada pada tempatnya, anda bisa mulai membangun backlink. Aturan sederhananya; kalau ada lebih dari satu halaman dengan tingkat optimalisasi yang sama, maka halaman dengan backlink terbaik yang akan dipilih untuk menempati posisi lebih tinggi oleh Google.
Backlink sebaiknya mengandung keyword yang sama dengan poin 2 (On-page optimization). Misal kalau sebuah halaman sudah dioptimalkan untuk kata kunci “batik madura terbaik” maka tautan yang menaut ke halaman tersebut harus mengandung kata kunci itu juga.
Semua elemen harus pada tempatnya dan dengan urutan yang benar
Kalau situs anda mendapat banyak backlink tapi halaman web anda tidak mampu mengkonversi, maka penjualan tidak akan terjadi. Begitupun kalau halaman web sangat teroptimalisasi tapi keywordnya salah.
Kalau keyword yang anda pilih sudah tepat dan halaman-halaman web yang dibuat sudah optimal dan menarik pengunjung untuk membeli, maka langkah terakhir adalah mendapat backlink yang berkualitas untuk mengangkat posisi halaman tersebut di Google.
Ingat, semuanya harus berada pada tempatnya dan dilakukan dengan urutan kerja yang benar.
0 komentar:
Posting Komentar