Minggu, 20 Mei 2012

Sejarah Perkembangan Google SEO

Hai sobat bithoo, bithoo mau bercerita sedikit nih tentang Sejarah Perkembangan Google SEO. Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization (SEO) pertama kali digunakan pada tanggal 26 juli 1997 oleh sebuah pesan spam yang di posting di Usenet. Pada masa itu, algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.

Versi awal algoritma pencarian sepenuhnya didasarkan pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode HTML situs / web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian kata kunci (keyword).

Sebagian webmaster akan melakukan manipulasi dengan cara menuliskan kata kunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya sehingga mesin pencari akan salah menetapkan dan akan membuat peringat terhadap situs tersebut. Hal ini akan meyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian, baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.


Larry page dan Sergey Brin adalah dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford yang berusaha mengatasi permasalahan tersebut. Mereka akhirnya membangun Backrub, yaitu sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk membuat peringkat halaman web.

Algoritma tersebut bernama Page Rank, yaitu fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis terhadap kualitas masing-masing link tersebut.


Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998, Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat, Google memperoleh ruputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena hasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. Page Rank lantas menjadi standar, baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs / web-nya memperoleh nilai Page Rank yang setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Bithoo Trik dan Tips

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Sejarah Perkembangan Google SEO,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda, Dan mohon maaf karena Bithoo dalam pengembangan jadi maaf klau ada yang kurang berkenan. Dan apa bila sobat Bithoo ingin artikel ini di blog sobat Bithoo silahkan menggunakan kode dibawah ini.

:: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Bithoo | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost