Kamis, 19 Januari 2012

Web Directory

Web Directory adalah sebuah layanan yang mengelompokkan beberapa Website atau Blog ke sebuah directory atau kategori khusus sesuai dengan konten (isi) dari Website/Blog tersebut.

Saat ini sudah banyak penyedia layanan web directory, baik yang gratis maupun bayar, semua dapat kita pakai untuk menyebarkan alamat domain website atau blog kita. Beberapa layanan tersebut mempunyai cara dan aturan tersendiri dalam mengelompokkan kategori Website/Blog. Secara umum dapat dibagi dua, yaitu:

  • Pertama, pemilik Website/Blog secara bebas bisa register dan mendaftarkan Website/Blog-nya sesuai dengan kategori yang ingin digunakan tanpa ada persetujuan oleh penyedia layanan Web/Blog directory.
  • Kedua, pemilik Website/Blog mendaftarkan Web/Blog-nya dengan cara memilih kategori yang sesuai, akan tetapi untuk bisa benar-benar masuk ke dalam kategori tersebut harus menunggu persetujuan oleh penyedia layanan. Penyedia layanan akan mengecek secara manual (tidak menggunakan aplikasi otomatis) dan biasanya membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan.
Bagi anda yang mempunyai Blog berbahasa Indonesia, tentunya ingin Website/Blog-nya terdaftar di Web/Blog directory Indonesia. Sebagai contoh, anda bisa memasukkan alamat URL anda pada situs Web directory seperti Blog-Indonesia.com.

Free Directory Web/Blog Indonesia

Untuk meningkatkan pengunjung yang berasal dari Indonesia, tentunya kita harus memasukkan alamat URL kita ke berbagai penyedia layanan directory Web/Blog Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk mempromosikan alamat Web/Blog secara gerafis dan lebih efisien.

Pada bagian ini akan dibahas beberapa layanan Web/Blog directory Indonesia yang sering digunakan oleh Webmaster ataupun Blogger. Ada empat contoh penyedia jasa Web/Blog directory, yaitu sebagai berikut:

  1. Alamat Blog: adalah directory alamat situs Indonesia pilihan yang dipilih berdasarkan pada materi khusus, situs ini dikelola oleh orang Indonesia. Di dalamnya, terdapat beberapa kategori, diantaranya seperti produk, jasa maupun informasi seputar alamat situs Web dalam negeri. Berdasarkan pada fungsinya ini di kembangkan dengan sesederhana mungkin dan langsung pada subyek yang dicari. Dengan maksud bisa diakses dengan cepat dan mudah. Silahkan menuju ke www.alamatweb.com.
  2. Blog Indonesia: Blog-Indonesia.com adalah directory Blog Indonesia dan agregator, dibuat di Indonesia, oleh para programmer Indonesia dan penggemar. Website ini dibuat sebagai kontribusi untuk komunitas Blogging Indonesia. Silahkan menuju ke www.blog-indonesia.com.
  3. Top Seratus: Penyedia layanan directory Web/Blog dan menyusun peringkat Blog Indonesia berdasarkan VOTE IN (jumlah votes yang diberikan pengunjung dari member ke Top Seratus), PAGEVIEWS (jumlah pengunjung yang datang ke Web/Blog member) maupun OUT (jumlah pengunjung yang datang dari Web Top Seratus ke Web/Blog member) dalam 21 kategori. peringkat yang berdasarkan VOTE IN disusun dengan asumsi sedemikian populer dan sebagusnya suatu Blog, Semakin banyak yang vote Blog tersebut ke Top Seratus. Hanya Blog dengan vote minimum = 1 yang ditampilkan. Semakin tinggu peringkat suatu Blog di Top Seratus, akan semakin besar kemungkinan Blog tersebut mendapatkan pengunjung dari Top Seratus yang datang dari mesin pencari/search engine. Semakin tinggi peringkat suatu Blog di Top Seratus, diharapkan semakin tinggi peringkat Blog tersebut di mesin pencari dan juga meningkatkan Alexa. Silahkan menuju ke www.topseratus.com.
  4. Directory Resep: adalah salah satu penyedia directory Web atau Blog directory Indonesia. Layanan ini ada dua pilihan, berbayar dan geratis. Yang geratis syaratnya sangat mudah, yaitu anda hanya diminta untuk me-link alamat Website Directory Resep. Untuk berbayar anda tidak perlu me-link Directory Resep. Silahkan menuju ke http://directory.resep.web.id.

Free Directory Web/Blog Internasional 

Pada bagian ini akan dibahas pemanfaatan layanan directory Web/Blog yang bersekala Internasional dan yang paling populer saat ini.
  1.  Technorati: adalah satu penyedia layanan directory khusus Blog, saat ini sudah jutaan blog yang terdaftar di Technorati. Sebagai sebuah komunitas yang besar, Technorati bisa menjadi salah satu sumber untuk mendapatkan pengunjung. Karena itu sangat beralasan untuk ikut mendaftarkan Blog yang kita buat pada Technorati. Disamping untuk menjaring pengunjung, Technorati juga bisa dijadikan alat untuk mencari link dari Blog-Blog lain yang mempunyai tema yang sama.. Technorati  merupakan salah satu directory blog yang cukup populer, sampai saat ini Technorati masih menjadi favorite para Blogger, jadi tidak ada salahnya jika kita mendaftarkan kelayanan ini. Keuntungan dari layanan ini yaitu selain Blog kita akan di kenal luas sekaligus meningkatkan trafik pada Blog kita. Berikut ini cara mendaftarkan alamat Website kita ke Technorati. Silahkan menuju ke http://technorati.com.
  2. MyBlogLog: adalah jaringan sosial bagi komunitas Blogger yang memfasilitasi interaksi dengan menggunakan sebuah Widget Web yang telah di Instal di Blog oleh banyak anggota. MyBlogLog merupakan layanan geratis di bawah perusahaan teknologi besar yaitu Yahoo!. Layanan ini dapat dimanfaatkan untuk membuat sebuah komunitas Blog untuk suatu atau lebih penulis Blog. Anggota terdaftar lainnya dapat berlangganan ke komunitas, juga bisa menjadi Social Bookmarking untuk keperluan membaca artikel dilain hari. Blogger kemudian dapat menampilkan Widget di Situs mereka yang menunjukkan anggota komunitas MyBlogLog yang baru mengunjungi halaman mereka. Widget ini juga mengandung link untuk mengunjungi halaman anggota lainnya, hal ini merupakan salah satu cara di mana pengguna bisa berhubungan dengan satu sama lain, semua anggota dapat melihat informasi dasar tertentu tentang berapa banyak orang mengunjungi Blog mereka, Link apa yang mereka Klik dan dari mana mereka berasal. Perlu diketahui bahwa layanan MyBlogLog adalah Sebuah layanan di bawah Yahoo! Service, oleh karena itu untuk memanfaatkan layanan ini kita harus mempunyai akun Yahoo! atau biasa yang kita pake untuk layanan Email. Silahkan menuju ke www.mybloglog.com.
  3. Blog Catalog: adalah penyedia layanan directory Blog. Fasilitas yang diberikan meliputi pencarian, Browsing, memberi peringkat dan memberi review kesebuah Web/Blog yang telah terdaftar pada Blog Catalog. Selain fasilitas tersebut, ada juga Blog Catalog Tools yang merupakan aplikasi pendukung Blog Catalog seperti Widgets untuk berbagai layanan Internet. Selahkan menuju ke www.blogcatalog.com.
  4. DMOZ - The Open Directory Project (ODP): adalah salah satu layanan Web/Blog directory besar dan juga geratis. DMOZ juga sering dikaitkan dengan Google Directory. Untuk mendaftar alamat Web/Blog ke Web directory DMOZ tidak mudah, banyak sekali yang tidak disetujui oleh pengelola. Bahkan banyak sekali Webmaster yang putus asa untuk mendaftarkan sebuah URL sampai berulang-ulang dan pada akhirnya mendapatkan hasil yang sama, yaitu ditolak. pada bahasan kali ini sengaja dikenalkan Web directory DMOZ karena sangat penting pengaruhnya untuk SEO. Jika anda sukses memasukkan alamat Web/Blog ke DMOZ, akan meningkatkan Trafik dan Page Rank Web/Blog anda. Metode Verifikasi hanya dilakukan oleh Tim pengelola secara manual. Hanya Web/Blog yang mempunyai karakteristik unik dan sesuai dengan kriteria mereka yang akan di setujui. Silahkan menuju ke www.dmoz.org.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Bithoo Trik dan Tips

Anda sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Web Directory,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda, Dan mohon maaf karena Bithoo dalam pengembangan jadi maaf klau ada yang kurang berkenan. Dan apa bila sobat Bithoo ingin artikel ini di blog sobat Bithoo silahkan menggunakan kode dibawah ini.

:: Thank you for visiting ! ::

0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Bithoo | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Bluehost